Sabtu, 15 Desember 2018 07:00 WITA

Termasuk Amerika Serikat, 6 Negara Ini Punya Tradisi Makan dengan Tangan

Editor: Nur Hidayat Said
Termasuk Amerika Serikat, 6 Negara Ini Punya Tradisi Makan dengan Tangan
Ilustrasi. (Foto: Alagraph)

RAKYATKU.COM - Makan langsung menggunakan tangan adalah salah satu kebiasaan unik orang Indonesia. Terutama bagi orang Jawa yang menyebut kebiasaan ini dengan istilah muluk.

Bagi sebagian besar negara, cara makan ini dianggap tidak biasa, karena mereka cenderung menyantap sesuatu menggunakan cutlery, seperti sendok, garpu, pisau, hingga sumpit. 

Selain itu, di beberapa wilayah menyentuh makanan langsung dengan tangan dianggap tidak higienis, bahkan tak sopan.

Biar begitu, yang punya tradisi unik ini ternyata bukan cuma orang Indonesia saja. Masyarakat di negara-negara berikut ini juga terbiasa makan langsung dengan tangan.

1. Malaysia
Mayoritas masyarakat negara yang bertetangga dekat dengan Indonesia ini makan langsung dengan tangan, kecuali hidangan berbasis sup dan mie.

Tradisi tersebut juga dipengaruhi oleh budaya Islam yang menganjurkan menyuap makanan langsung dengan tangan kanan. Seperti yang kita tahu, sebagian besar penduduk Malaysia terdiri dari umat muslim.

2. Mesir
Tradisi makan menggunakan tangan masih berlangsung di sejumlah negara Timur Tengah, seperti Mesir dan Yunani. Makan dengan tangan kanan adalah wajib. Bahkan menggeser piring lauk dengan tangan kiri atau meletakkan tangan kiri di atas meja termasuk hal yang tak sopan.

3. India
Menurut Ayurveda, ilmu pengobatan asli India, makan dengan tangan memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Setiap ujung jari dipercaya memiliki syaraf yang mempengaruhi pencernaan. 

Selain itu, jari kita mewakili lima elemen alam yang terdiri dari ruang, api, air, udara, dan bumi. Kebiasaan ini dianggap dapat membantu kita menurunkan berat badan, lho. Sebab, makan dengan tangan membuat kita makan lebih perlahan dibanding menggunakan sendok.

4. Kenya
Ugali merupakan makanan pokok di Kenya dan beberapa negara Afrika. Ugali berupa tepung jagung atau tepung ketela yang dimasak dengan air hingga membentuk adonan atau bubur. 

Biasanya disajikan dengan sukuma wiki, semacam bayam rebus. Cara makannya bukan disendok, melainkan diambil dengan tangan, dibulat-bulatkan, lalu membuat cekungan di tengah dengan jari. Tak jarang disantap bersama aneka cocolan saus tradisional.

5. Nigeria
Nigeria juga merupakan negara di Afrika yang memiliki tradisi makan dengan tangan. Serupa dengan Kenya, makanan pokok Nigeria terbuat dari adonan tepung gandum durum yang disebut semolina atau semovita. 

6. Amerika Serikat
Hampir seluruh warga Amerika Serikat makan menggunakan bantuan sendok, garpu, dan pisau. Karena itu, berlaku pula table manner yang melibatkan piranti makan tersebut. Namun, untuk beberapa makanan modern terutama street food, mereka tak segan makan dengan tangan.

Menyantap makanan seperti pizza, chicken wings, nachos, kentang goreng, atau taco tentu saja akan terlihat aneh jika menggunakan alat makan. Ada pula tren finger food, bukan makanan untuk bayi ya, tapi makanan berukuran kecil yang habis sekali lahap, biasanya tersaji saat pesta.

Sumber: IDN Times

Loading...
Loading...

Berita Terkait