Kamis, 13 Desember 2018 10:17 WITA

Citizen Report

Permandian Jene Tallasa, Dibangun Pagandeng, Pekerjakan 20 Karyawan 

Editor: Aswad Syam
Permandian Jene Tallasa, Dibangun Pagandeng, Pekerjakan 20 Karyawan 
Permandian Jene Tallasa.

RAKYATKU.COM, GOWA - Terletak di Desa Paraikatte, Kecamatan Bajeng, Gowa, permandian Jene Tallasa menjadi salah satu primadona kunjungan warga.

Udara yang sejuk, juga air yang bersih dan alami, dengan pepohonan yang rindang. Menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik lokal maupun manca negara, yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan yang indah.

Diresmikan Bupati Gowa, Adnan Purichta Yasin Limpo pada Desember 2016 silam, permandian Jene Tallasa mempunyai lahan seluas kurang lebih 8 hektare. 

Permandian Jene Tallasa ini menurut Kepala Desa Paraikatte, Muh. Jufri, adalah milik H. Ampang dan buka setiap hari.

"Sejak adanya objek wisata permandian Jene Tallasa di Desa Paraikatte, sangatlah bermanfaat dan ikut membantu perkembangan pembangunan di desa kami. Sebab, dengan adanya permandian tersebut, kampung kami ini terasa hidup dengan ramainya para pengunjung yang datang berbondong-bondong mendatangi wahana wisata ini terutama pada hari libur,” ujar Jufri.

Jene Tallasa dapat ditempuh selama 23 menit dari kota Sungguminasa. Jaraknya hanya 15 kilometer dari jalan poros Makassar-Gowa, atau melalui jembatan kembar Gowa.

Pemilik wahana permandian Jene Tallasa, H. Ampang yang ditemui mengatakan, tempat tersebut diberi nama Jene Tallasa, karena airnya yang tidak pernah surut, meskipun dalam musim kemarau.

”Nama Tallasa juga berasal dari nama ibu saya, Dg Tallasa. Permandian ini merupakan cita-cita saya sejak dulu, yang ingin membangun kampung halaman," tutur H. Ampang. 

Loading...

H Ampang mengisahkan, dulu dia hanyalah ”Pagandeng” atau penjual beras keliling. "Alhamdulillah atas adanya permandian ini, kami dapat memperkerjakan para pemuda desa,“ ungkapnya.

Di objek tersebut, H Ampang mempekerjakan sekitar 20 warga Desa Paraikatte. Tiket masuk ke permandian Jene Tallasa Rp25 ribu untuk dewasa, dan Rp20.000 untuk anak-anak.

Jene Tallasa kata H Ampang, memiliki 6 kolam untuk dewasa dan anak-anak. Kolam besar memiliki ukuran 20×15 meter. 

"Kami juga menyediakan sarana musik band yang dapat dipergunakan pengunjung dan juga sarana memancing ikan air tawar,” bebernya.

Anda hobi memancing? Ayo berwisata ke wahana permandian Jene Tallasa Desa Paraikatte Kabupaten Gowa.

Permandian Jene Tallasa, Dibangun Pagandeng, Pekerjakan 20 Karyawan 

Penulis: Muh Fachrizal (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar)

Loading...
Loading...