Sabtu, 08 Desember 2018 02:00 WITA

Deretan Kata Bahasa Indonesia yang Diserap ke Bahasa Inggris, Apa Saja?

Editor: Nur Hidayat Said
Deretan Kata Bahasa Indonesia yang Diserap ke Bahasa Inggris, Apa Saja?
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Tidak hanya bahasa asing yang diserap menjadi kosakata Bahasa Indonesia. Nyatannya ada beberapa kata dalam Bahasa Indonesia yang terindex di Oxford Dictionary. 

Kata-kata dalam Bahasa Indonesia ini ditulis dan dilafalkan seperti aslinya.

1. Orangutan

Di banyak negara, primata satu ini tetap disebut sebagai orangutan. Menurut kamus Oxford, orangutan adalah kera soliter besar dengan rambut merah panjang, lengan panjang, tangan dan kaki melipat, dan asli Kalimantan serta Sumatera.

2. Satay

Beralih ke makanan. Kosakata makanan pertama yang disumbangkan ke dalam kamus Oxford adalah satay. Satay didefiniskan kamus Oxford sebagai makanan Indonesia dan Malaysia yang terdiri atas potongan-potongan kecil daging yang dipanggang dan ditusuk, disajikan dengan saus pedas yang mengandung kacang.

3. Tempeh

Tempe ditulis tempeh dalam kamus Oxford. Tempeh diartikan sebagai makanan Indonesia yang dibuat dengan menggoreng kacang kedelai yang difermentasi.

4. Sambal

Bagi orang Indonesia, makan tak lengkap tanpa sambal. Karena itulah sambal identik dengan Indonesia.Sementara sambal, diartikan oleh kamus Oxford sebagai makan kesukaan atau perangsang nafsu yang dibuat dengan buah, sayur, atau pedas-pedasan.

5. Gamelan

Gamelan adalah alat musik tradisional Indonesia yang sudah mendunia. Tak heran jika gamelan masuk ke dalam kamus Oxford. Gamelan diartikan sebagai alat musik instrumen tradisional di Jawa dan Bali, termasuk banyak instrumen perkusi perunggu.

6. Rambutan

Buah ini pun tak luput dari kamus Oxford. Menurut kamus Oxford, rambutan merupakan buah tropis merah seukuran plum dengan duri lunak dan agak asam.

7. Durian

Ada rambutan, ada pula durian. Buah yang terkenal akan baunya ini diartikan sebagai buah tropis oval berduri yang terdiri atas daging lembek yang seperti krim. Kamus Oxford menjelaskan bahwa durian memiliki aroma busuk namun rasanya bernilai tinggi.

8. Batik

Beralih ke fesyen, ada kosakata batik di kamus Oxford. Ada dua pengertian mengenai batik. Yang pertama, arti batik adalah metode (aslinya digunakan di Jawa) memproduksi desain berwarna di atas tekstil dengan mencelupkannya, setelah pertama mengaplikasikan lilin ke bagian yang akan dibiarkan tak tercelup. Arti kedua, pakaian yang dicelup menggunakan metode batik.

Sumber: IDN Times