Kamis, 06 Desember 2018 19:57 WITA

CITIZEN REPORT

Anda Penyakitan? Yuk Berendam di Air Panas Erebambang Pencong Gowa

Editor: Aswad Syam
Anda Penyakitan? Yuk Berendam di Air Panas Erebambang Pencong Gowa
Wisata air panas, Erebambang Pencong, Gowa.

RAKYATKU.COM, PENCONG - Objek wisata ini masih alami. Belum banyak yang mengetahuinya. Namanya pemandian air panas Erebambang Pencong.

Air panas ini berada di daerah yang berbukit, dengan panorama yang indah, sejuk, nyaman dan pepohonan yang masih terjaga di sekitar pemandian.

Terletak di Desa Pencong, Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa. 
Jarak tempuh dari Makassar menuju lokasi 75 kilometer atau sekitar 2 jam, sudah tiba di objek wisata permandian air panas Pencong. 

Dan memasuki tempat ini, Anda akan dikenakan retribusi Rp2000 untuk umum. Selanjutnya menuju ke objek dengan menuruni anak tangga sekitar 100 meter. 

Penat usai menuruni anak tangga, akan terasa hilang saat Anda tiba di lokasi dengan langsung berendam di kolam air panas.

Konon air panas ini dipercaya masyarakat setempat, dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit kulit. Pasalnya, air panas ini bersumber langsung dari perut bumi.

Loading...

Lantas, apa yang menarik dari lokasi wisata ini? Diungkapkan pengelola Wisata Pemandian Air Panas Erebambang Pencong, Basri Suro, air panas Erebambang Pencong mempunyai suhu kisaran 60 derajat celcius dan kadar belerangnya 1,5 persen. 

"Ini dapat juga menjadi tempat terapi," ucap Ketua BUMDES Pencong. 

Fasilitas di pemandian alam air panas Erebambang Pencong ini, masih sangat terbatas namun cukup alami. Misalnya, terdapat kolam permandian umum, toilet, tempat ganti pakaian, masih sangat terbatas dan membutuhkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Gowa. 

Penulis: Sulfikar (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar)

Loading...
Loading...