Selasa, 04 Desember 2018 16:15 WITA

Kebanjiran Turis, Pulau Populer ini Kehabisan Air Minum

Editor: Suriawati
Kebanjiran Turis, Pulau Populer ini Kehabisan Air Minum
Foto ini diambil pada tanggal 9 April 2018 menunjukkan turis turun dari speedboat ke Maya Bay, di pulau Koh Phi Phi (Getty Images)

RAKYATKU.COM - Sebuah pulau terkenal di Thailand dilaporkan mengalami krisis air minum, karena kebanjiran wisatawan.

Pulau Phi Phi menjadi tujuan wisata populer berkat film The Beach (2000), yang dibintangi Leonardo DiCaprio. Setiap tahun, pantai berpasir putih itu menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Namun, popularitas pulau itu berdampak buruk bagi lingkungan. Media setempat melaporkan bahwa otoritas lokal Pulau Phi Phi telah meminta bantuan dari pemerintah pusat Thailand untuk mengatasi kekurangan air bersih.

Untuk menyelidiki masalah air minum, tim peneliti dari Fakultas Teknik Universitas Kasetsart di Thailand menemukan bahwa banyak pengunjung Phi Phi menempatkan tekanan yang parah pada sumber air tawar yang terbatas di pulau itu.

Para peneliti juga menemukan contoh air keran yang terkontaminasi dengan air limbah, yang mengandung patogen berbahaya dan logam berat.

Loading...

Awal tahun ini, Maya Bay di Pulau Phi Phi ditutup karena kekhawatiran akan kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh jutaan wisatawan.

Pihak berwenang awalnya merencanakan penutupan selama empat bulan, namun itu diperpanjang hingga setidaknya satu tahun untuk memungkinkan karang teluk pulih dari kerusakan yang ditimbulkan oleh kapal yang mengangkut wisatawan ke lokasi yang sangat indah itu, serta dari sampah dan residu bahan kimia suncream.

Thailand bukan satu-satunya negara di kawasan ini yang telah mengambil langkah-langkah tersebut. Awal tahun ini, Presiden Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan penutupan pulau Boracay selama enam bulan, karena mencapnya sebagai "tangki septik" dan memerintahkan operasi pembersihan untuk mengatasi masalah limbah.

Tags
Loading...
Loading...