Jumat, 30 November 2018 15:39 WITA

CITIZEN REPORT

Usai Bersantai di Air Terjun Latuppa, Yuk ke Sungai Jodoh, Kali Aja Dapat Pasangan

Editor: Aswad Syam
Usai Bersantai di Air Terjun Latuppa, Yuk ke Sungai Jodoh, Kali Aja Dapat Pasangan
Air terjun Latuppa

RAKYATKU.COM, PALOPO - Kota Palopo selama ini hanya terkenal dengan kuliner kapurungnya. Tetapi jangan salah, Palopo juga punya objek pariwisata yang memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Namanya Air Terjun Latuppa.

Air terjun ini berada di Kelurahan Latuppa, Kecamatan Wara, Kota Palopo. Objek wisata  ini bisa menjadi referensi saat Anda berkunjung ke Kota Palopo. 

Air terjun Latuppa terletak di sebelah barat Kota Palopo. Dengan waktu tempuh sekitar 15 menit, jarak sekitar 3 kilometer dari jantung kota. 

Terletak di dataran tinggi penggunungan, menyuguhkan pemandangan yang sangat memanjakan mata. Sehingga perjalanan tidak akan terasa membosankan.

Mendekati lokasi air terjun Latuppa, kita akan disambut suara gemerisik air yang menenangkan jiwa. Sehingga melepas penat dari rutinitas sehari-hari. 

Untuk mencapai lokasi air terjun, memang tidaklah mudah. Para wisatawan harus berjalan kaki melintasi anak sungai dan menanjaki anak tangga kurang lebih sepanjang 200 meter. 

Cukup melelahkan memang, namun semua akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang sangat menakjubkan. 

Terdiri dari 3 tingkat, dengan air yang sejuk dan bening, sehingga membuat siapapun betah berada di sana.
"Suasana air terjun Latuppa indah sekali. Pokoknya kalau sudah maki datang satu kali ke sini, pasti bakalan mau terus ki datang. Saya saja beberapa kali ma datang, tapi ndak pernah ja bosan. Apalagi murah meriah ji uang masuknya," ungkap Risma, salah satu pengunjung. 

Dengan uang Rp5000, kita sudah bisa menikmati keindahan air terjun ini.

Pada 27 Oktober 2018, saya berkunjung ke sana bersama keluarga. Kebetulan hari itu adalah akhir pekan sehingga banyak wisatawan. 

Ada yang datang bersama keluarga. Ada juga yang datang bersama pacar maupun bersama teman sambil menikmati libur akhir pekan. 

Spot lain yang dapat dikunjungi di tempat ini adalah Sungai Jodoh. Sungai ini hanya berjarak sekitar 50 meter dari jalan raya. Letaknya sebelum Air Terjun Latuppa. Di sekitar Sungai Jodoh, terdapat beberapa gasebo dan sarana lainnya, untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan. 

Siapapun yang datang ke Sungai Jodoh ini, dipercaya akan enteng jodoh. Benar atau hanya kebetulan saja, namun banyak pasangan yang bertemu di sini kemudian menikah.

Penulis: Dinda Novia (Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah, Makasar)

Usai Bersantai di Air Terjun Latuppa, Yuk ke Sungai Jodoh, Kali Aja Dapat Pasangan