Sabtu, 03 November 2018 19:08 WITA

Habiskan Anggaran Rp700 M, Nipah Mall Hadir dengan Konsep Berbeda

Penulis: Yuniastika Datu - Arfa Ramlan
Editor: Andi Chaerul Fadli
Habiskan Anggaran Rp700 M, Nipah Mall Hadir dengan Konsep Berbeda

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Nipah Mal & Office Building merupakan kawasan komersial hijau pertama di wilayah Indonesia Timur dengan konsep green building. Pembangunannya menghabiskan total dana sekitar Rp700 miliar.

"Konsep green building sangat mempertimbangan lingkungan dalam setiap aspek konstruksi dan bangunan mengingat lokasi yang berada di tengah perkotaan," ujar Direktur PT Kalla Inti Karsa (KIK), Imelda Jusuf Kalla, Sabtu (3/11/2018).

Senada dengan itu, Chief Operating Officer KIK, Subhan Djaya Mappaturung mengatakan, pembangunan Nipah Mal memenuhi setiap aspek green building. Salah satunya melalui proses sertifikasi bangunan hijau atas penilaian khas Indonesia yang disebut dengan Greenship.

"Beberapa kriteria yang dimaksud untuk mencapai sertifikasi Greenship, antara lain luas lahan harus di atas 25.000 m2 dan bisa memenuhi persentasi tata guna lahan sebesar 10 persen dari luas lahan. Juga memiliki 
efisiensi energi dalam gedung, terdapat konservasi air hingga penggunaan material bangunan yang ramah lingkungan," jelasnya.

Nipah Mal juga hadir dengan mengusung konsep bangunan semi outdoor. Dengan konsep ini, memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang baik didukung dengan tanaman di semua area publik yang dapat mengurangi penggunaan energi berlebihan.

"Adapun konsep interiornya sendiri menggunakan material ekspos sebagai material utama berupa beton, kayu, metal, batu bata dan terracota, kombinasi inilah yang membentuk atmosfir Nipah Mal yang diharapkan dapat memberikan pengalaman baru," kata dia.