Minggu, 28 Oktober 2018 12:26 WITA

Traveling

Al Hoota Cave di Oman, Gua Populer Berusia Lebih 2 Juta Tahun

Editor: Suriawati
Al Hoota Cave di Oman, Gua Populer Berusia Lebih 2 Juta Tahun
Pengunjung berada di dalam Gua Al Hoota

RAKYATKU.COM - Gua Al Hoota adalah salah satu tempat wisata alam paling populer di Oman. Ini diperkirakan telah berusia lebih dari dua juta tahun.

Gua ini terletak di antara Nizwa dan Bahla, di kaki gunung Jabal Shams. Perjalanan ke sana dengan kendaraan hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam dari Muscat.

Gua Al Hoota adalah gua pertama dan satu-satunya di Semenanjung Arab yang terbuka untuk pengunjung.

Dengan panjang sekitar 4,5 kilometer, sekitar 500 meter gua dapat diakses oleh wisatawan.

Tur akan dipandu oleh seorang pemadu wisata, dan pengunjung bisa melihat-lihat gua selama satu saja untuk satu sesi.

Perjalanan dimulai dengan menaiki kereta listrik dari pusat pengunjung menuju ke pintu masuk gua.

Begitu berada di dalam gua, pengunjung akan berjalan di jalan setapak dan menyaksikan gua bawah tanah yang sangat besar yang dipenuhi dengan stalaktit, stalagmit, dan kolom batuan padat berwarna-warni.

Mata pengunjung juga akan disuguhi dengan berbagai batu unik, seperti berbentuk kepala singa, kucing, dan orang tua. Itu terbentuk alami oleh endapan mineral ketika air menetes ke dalam atau bergerak melalui sistem gua. 

Ada juga danau bawah tanah sepanjang 800 meter yang merupakan rumah bagi ikan buta langka, Garra Barreimiae dan banyak spesies hewan lain seperti kelelawar, arthropoda, moluska, laba-laba, siput dan kumbang air.

Seperti banyak gua lain di Oman, sistem Gua Al Hoota dibentuk oleh pembubaran batu kapur oleh air asam.

Ketika air hujan melarutkan karbon dioksida dari atmosfer atau tanah, ia menghasilkan asam karbonat encer yang melarutkan batu kapur saat mengalir di atasnya, sehingga membentuk gua.

Setiap 100 tahun, air larut melalui 10mm batu, sehingga dibutuhkan waktu lama untuk menciptakan sesuatu yang spektakuler seperti yang ada di Gua Al Hoota.

Karena ekosistemnya yang halus, maksimal hanya 750 orang yang diizinkan untuk mengunjungi gua itu selama satu hari. Oleh karena, sebaiknya Anda melakukan reservasi lebih awal jika ingin ke sana.

Gua ini terbuka untuk pengunjung setiap Selasa hingga Minggu dari jam 9 pagi hingga 6 sore.

Anda dapat menggabungkan perjalanan ke gua ini dengan kunjungan ke Nizwa atau melihat arsitektur tradisional Al Hamra dan suasana indah Misfit al Abryeen.

Anda dapat juga berjalan-jalan melalui Wadi Tanuf atau melakukan pelayaran di Jebel Shams sebelum makan siang di Al Hoota, dilanjutkan dengan kunjungan sore ke gua.