Minggu, 21 Oktober 2018 10:12 WITA

Sagrada Familia di Barcelona Bakal Jadi Gereja Tertinggi Dunia

Editor: Suriawati
Sagrada Familia di Barcelona Bakal Jadi Gereja Tertinggi Dunia
Sagrada de Familia

RAKYATKU.COM - Sagrada de Familia di Barcelona akan menjadi gereja tertinggi di dunia ketika itu selesai dibangun pada tahun 2026.

Konstruksi gereja ini dimulai pada tahun 1882, berdasarkan desain oleh arsitek Francisco de Paula del Villar y Lozano. Namun, ketika ia mengundurkan diri, arsitek Antoni Gaudi mengambil alih desain pada 1883.

Sayangnya, 136 tahun telah berlalu dan geraja ini belum selesai dibangun. Konstruksinya mandeg karena arsiteknya dibunuh.

Tubuhnya dimakamkan di kapel Our Lady of Mount Carmel di ruang bawah tanah Sagrada Familia.

Bukan hanya itu, proses konstruksi juga terhambat oleh perang saudara Spanyol di kota dan bangunan itu diserang oleh kaum anarkis. 

Kini, untuk melanjutkan konstruksi, para pejabat gereja setuju untuk membayar pemerintah ibukota Catalonia sebesar €36 juta (£ 31 juta) untuk izin bangunan. 

Uang dari izin gereja dilaporkan akan digunakan untuk meningkatkan jaringan transportasi dan mempercantik daerah tersebut. 

Gaudi dan karya-karyanya telah menjadi simbol kota di Catalonia, timur laut Spanyol. Sagrada de Familia sendiri merupakan situs yang paling banyak dikunjungi di Barcelona dan menarik 4,5 juta turis setiap tahun.

Monumen yang belum selesai itu dipuji sebagai karya utama arsitektur Gothic, dan itu mungkin adalah bangunan yang memiliki gaya paling unik dan misterius yang pernah dibangun.

Bangunan itu baru ditahbiskan sebagai gereja Katolik pada tahun 2010, ketika Paus Benediktus memimpin upacara untuk memungkinkan ibadah resmi di gedung itu.

Popularitas situs itu dikalangan wisatawan telah membantu pihak gereja mengumpulkan dana untuk menyelesaikan bangunan.

Tags