Sabtu, 13 Oktober 2018 04:00 WITA

10 Negara dengan Ragam Aturan Aneh, Bisa Patuhi Gak?

Editor: Nur Hidayat Said
10 Negara dengan Ragam Aturan Aneh, Bisa Patuhi Gak?
Jangan beri isyarat tangan "OK" kepada orang Turki. Mereka akan marah. (Foto: smithsonianmag)

RAKYATKU.COM - Kamu yang hobi coba simak peraturan aneh dari 10 negara ini deh. Kalau kebetulan berkunjung ke negara tersebut, jangan lakukan hal-hal berikut ini daripada malah dianggap orang aneh di sana.

Dirangkum IDN Times, berikut 10 negara yang punya aturan aneh:

1. Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang dikenal dengan sopan santun dan etika yang sangat baik. Kalau ke Jepang, jangan sampai salah etika. Salah satu hal yang sering jadi kesalahan adalah cara makan. Ada beberapa yang harusnya tidak dilakukan pas makan.

Pertama, makan sushi langsung sekali suap, jangan digigit. Sushi yang digigit itu menandakan melecehkan chefnya dan bisa jadi ditegur. Kalau makan makanan yang lain, pastikan jangan mengoper makanan kepada teman dengan menggunakan sumpit karena itu dianggap tak sopan.

2. Tiongkok

Kalau kamu menjalin LDR sama pacar di Tiongkok, jangan memberi dia bunga saat bertemu. Karena di Tiongkok, pemberian bunga diasosiasikan sebagai kematian. Jadi, intinya kalau kasih bunga kepada orang Tiongkok, itu berarti mendoakan dia buat cepat mati.

3. Turki

Lagi di Turki terus mau memuji makanannya? Jangan beri isyarat tangan "OK". Kalau di Indonesia isyarat itu mengartikan kata "OK", tetapi tidak berlaku di Turki. Dengan memberikan isyarat tangan seperti itu, kamu dianggap menghina dan menantang mereka.

4. Thailand

Sudah ada yang pernah ke Thailand? Pasti tahu kalau warga Thailand sangat menjunjung tinggi loyalitas kepada rajanya. Bahkan, saat menonton bioskop, lagu kebangsaan selalu diputar sebelum film dimulai.

Maka dari itu, bila kalian berada di Thailand, hindarilah bercanda atau bergurau tentang kerajaan. Karena gurauan itu sangat ofensif di mata orang Thailand.

5. Jerman

Sebagai negara yang terkenal dengan orang-orang yang keras, Jerman juga memiliki tata krama yang sangat ketat. Bila berbicara dengan orang Jerman, jangan mencoba menyembunyikan tanganmu.

Menyembunyikan tangan dianggap tidak menghargai lawan bicara dan membuatnya sakit hati. Saat kamu makan bersama orang Jerman, jangan meletakkan tanganmu di pangkuanmu. Letakkan tanganmu di meja.

6. Belanda

Di Indonesia, mungkin biasa saja melihat orang jalan di jalur sepeda atau motor di trotoar. Tapi, jangan sampai kamu terapkan ini di Belanda. Bila jalan kaki di jalur sepeda di Belanda, bisa-bisa langsung didamprat. Maka dari itu, jalanlah di tempat yang seharusnya.

7. Rusia

Lagi jalan-jalan ke Rusia dan ingin berkenalan dengan orang lokalnya? Hati-hati ya. Di Rusia, memberi senyum kepada orang asing dianggap tidak sopan. Senyuman itu cuma diberikan ke orang-orang yang sudah kamu kenal saja. Jadi jangan heran kalau di Rusia wajahnya jutek-jutek semua, karena itu adalah bagian dari tradisi.

8. Korea Selatan

Kalau di Indonesia, mungkin sudah biasa melihat orang saling bertegur sapa di transportasi umum. Namun, hal ini gak akan kamu temui di Korea.

Berbicara dengan volume keras di transportasi umum dianggap kejam dan mengganggu kenyamanan pengguna lainnya. Jadi kalau kamu berlibur ke Korea dan ingin ngobrol dengan temanmu, mending lewat WhatsApp saja ya.

9. Norwegia

Membunyikan klakson di beberapa jalanan memang sudah biasa, tapi tidak di Norwegia. Orang-orang Norwegia membunyikan klakson bila ada masalah yang mendesak. Jangan sampai pas kamu lagi jalan di Norwegia naik mobil, terus klakson mobil di depan karena jalannya lama. Bisa-bisa orang sejalanan langsung panik.

10. Perancis

Di negara modis ini, makan adalah ritual yang suci. Jadi, harus tahu tata krama pas makan di Perancis. Salah satu yang paling umum adalah tidak boleh makan sambil berjalan. Kebiasaan ini dianggap sebagai tingkah yang kasar dan tidak sopan.

Kalau kamu kelaparan dan sudah beli makanan take away, jangan makan sambil berdiri. Cari kursi terdekat agar bisa menikmati makananmu.