Minggu, 07 Oktober 2018 16:35 WITA

Baru 2 Hotel yang Bersertifikasi Halal di Sulsel

Editor: Andi Chaerul Fadli
Baru 2 Hotel yang Bersertifikasi Halal di Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) Bidang Informasi dan Komunikasi, Waspada Santing mengatakan, baru dua hotel di Sulsel yang mengantongi sertifikasi halal.

Kedua hotel tersebut, lanjut Waspada Santing, antara lain Hotel Pesonna Makassar dan Aston Makassar Hotel & Convention Center.

"Itupun baru dapurnya saja yang bersertifikasi halal," kata Waspada Santing saat ditemui dalam seminar nasional, di Hotel Almadera (eks Hotel Quality), Jalan Somba Opu, Minggu (7/10/2018).

Selain Pesonna dan Aston, ada beberapa hotel lain yang tengah dalam proses audit oleh tim Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI Sulsel terkait sertifikasi dapur halal. Diantaranya Hotel Claro Makassar dan Dalton Hotel Makassar.

Ditanya soal kendala penerapan standar halal di Sulsel, pria berkacamata itu menyimpul bahwa, hal itu hanya menyangkut persoalan komunikasi.

"Saya menyimpulkan ini hanya miskomunikasi. Semuakan ada SOP (Standar Operasional) yang sudah ditetapkan LPPOM. Itu yang harus mereka patuhi. Karena kalau tidak sesuai SOP, tentu tidak akan di proses," ujarnya.

Contohnya, tambah Waspada Santing, ada hotel yang sudah empat bulan mengajukan permohonan ke LPPOM MUI. Setelah dikaji, surat-surat permohonan itu kemudian dikembalikan untuk diperbaiki. Namun setelah berminggu-minggu, tenyata belum juga diperbaiki.

"Nah inilah yang menjadi masalahnya. Kalau pihak hotel tidak cepat tanggap memperbaiki kesalahan yang ada secara administrasi. Maka tidak mungkin dilakukan audit lanjutan oleh LPPOM," pungkasnya.