Senin, 08 Oktober 2018 06:00 WITA

Tips Hemat Sambut Liburan Tahun Baru

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Hemat Sambut Liburan Tahun Baru
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Memasuki bulan-bulan terakhir sebelum pergantian tahun, tak ada salahnya kamu mulai menyiapkan strategi untuk menyambut musim liburan nanti.

Maklum, mempersiapkan kebutuhan liburan dari jauh hari lebih murah daripada dilakukan secara mendadak. Apalagi di akhir tahun, yang notabennya menjadi saat yang ditunggu-tunggu banyak orang untuk pergi berlibur.

Biasanya harga tiket pesawat, hotel lebih meningkat karena termasuk high season. Tapi tenang, dilansir laman Dream, berikut tiga tips yang bisa membuat liburan akhir tahun kamu lebih hemat dan menyenangkan.

1. Tentukan tujuan wisata

Sebelum pergi liburan, tentukan Anda ingin liburan ke mana. Apakah ingin liburan di dalam negeri atau luar negeri? Apakah ingin suasana musim dingin bersalju atau musim panas yang hangat? Atau jika ingin liburan yang sedikit berbeda, Anda bisa mencoba liburan di atas kapal pesiar atau cruising. Dengan menentukan ingin liburan seperti apa akan lebih memudahkan Anda untuk mempersiapkan yang lainnya.

2. Buat itinerary sendiri

Jika sudah menentukan ingin liburan seperti apa dan tujuannya ke mana, maka tentukan juga itinerary selama liburan. Ingin pergi ke tempat wisata mana saja di destinasi tersebut beserta jadwalnya. Ingin menginap di penginapan seperti apa. Ingin memakai transportasi yang bagaimana selama di destinasi tersebut.

3. Rencanakan budget yang ingin dikeluarkan

Sebelum pergi berlibur, sebaiknya menentukan budget masing-masing. Berapa budget untuk tiket pesawat, budget untuk hotel, budget sehari-hari, budget oleh-oleh, hingga budget untuk keperluan yang tidak terduga. Jadi, nantinya selama Anda liburan tidak ada budget berlebihan yang tidak sesuai dengan kantong Anda.