Rabu, 26 September 2018 23:00 WITA

5 Tips Menjelajahi Pulau Lombok Ala Backpacker

Editor: Aswad Syam
5 Tips Menjelajahi Pulau Lombok Ala Backpacker
Gili Trawangan. Sumber: idntimes

RAKYATKU.COM - Siapa sih, yang tidak tertantang untuk mengeksplorasi Lombok? Pulau dengan julukan the next Bali ini punya lanskap alam komplet nan menawan. Dari mulai pantai, hamparan savana, gugusan gili, hingga pegunungan membentang di kawasan tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin menaklukkan Pulau Lombok dengan bujet terbatas, simak tips-tips jelajah ala backpacker berikut ini.

Pastikan, Anda Menyewa Kendaraan Pribadi
 
Mencari tempat penyewaan kendaraan adalah hal pertama yang harus dilakukan saat tiba di bandara Lombok. Jika Anda pergi sendirian atau bersama seorang teman, sebaiknya sewa motor atau sepeda saja. Lalu, bagaimana kalau membawa lebih dari satu teman? Mudah saja; tinggal sewa mobil yang tarif sewanya ditanggung bersama.

Selain mempersiapkan transportasi darat, Anda pun harus memikirkan cara pergi ke gili. Pasalnya, untuk menuju ke sana mesti melewati jalur perairan. Solusinya, sewalah kapal bersama backpacker lain atau biasa disebut dengan istilah share cost. 

Jelajahi Kota Mataram dan Pantai Senggigi di Hari Pertama
 
Destinasi terdekat dari Bandara Internasional Lombok adalah Kota Mataram dan Pantai Senggigi. Kedua kawasan wisata itu pun rutenya satu arah. Jarak dari Mataram ke Pantai Senggigi sekitar 17,9 km; bisa ditempuh dalam waktu 30-38 menit dengan berkendara.

Setelah mendapatkan mobil atau motor sewaan, kemudikan kendaraan ke arah Kota Mataram. Anda bisa mencari penginapan murah di kawasan tersebut. Jika kesulitan, gunakan aplikasi atau website Airy untuk booking tiket pesawat murah ke Lombok dan mencari hotel bujet di sekitar Mataram.

Kalau sudah memperoleh penginapan, lanjutkan traveling ke Pantai Senggigi. Nikmati keindahan matahari terbenam yang berpadu dengan deru ombak saat senja. Di malam harinya, Anda bisa menelusuri surga kuliner di sekitar pantai dan Kota Mataram.  

Mengeksplorasi Kawasan Mandalika di Hari Kedua
 
Sudah puas mengelilingi Kota Mataram? Kini saatnya Anda menuju kawasan Mandalika yang berjarak 6,8 km dari Mataram. Sejak menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Mandalika menjadi destinasi wajib yang dikunjungi backpacker. 

Luas Mandalika mencapai 1.035, 67 hektare dengan spot wisata beragam. Kawasan ini sudah dilengkapi fasilitas umum, seperti penginapan, restoran, dan tempat ibadah. Anda bisa mulai menjelajahinya dari wilayah barat, yaitu Pantai Kuta, Pantai Seger, dan Pantai Serenting.

Jika waktunya cukup, lanjutkan perjalanan ke Bukit Merese dan Tanjung Aan yang letaknya berdampingan. Setelah itu, Anda bisa traveling ke Pantai Batu Payung dan Pantai Gerupuk di ujung timur Kawasan Mandalika.

Hari Selanjutnya Kunjungi Air Terjun Terdekat
 
Anda ingin menyambangi kawasan wisata alam bernuansa pegunungan di Lombok? Cobalah bergeser ke Kabupaten Lombok Tengah untuk mengunjungi Air Terjun Benang Kelambu. Tempat ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam 1 menit dari Kota Mataram dengan berkendara.

Air terjun di kaki Gunung Agung ini menyuguhkan pesona grojogan yang seolah keluar dari dedaunan. Ketinggian curug dibagi menjadi tiga; mulai dari 5 meter, 10 meter, hingga 30 meter. Bentuk airnya halus, melebar seperti tirai, serta bersuara lembut.

Habiskan Sisa Liburan di Gili Trawangan
 
Liburan ke Lombok kurang lengkap jika tak mengunjungi Gili Trawangan. Pulau wisata di Lombok Utara ini diakses melalui jalur darat dan air. Dari Kota Mataram, Anda bisa naik motor atau mobil sampai ke Teluk Nare. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan menyewa kapal ke Gili Trawangan; waktu tempuhnya sekitar 15-20 menit.

Tiba di Gili Trawangan, segera cari penginapan murah di sekitar Jalan Kepiting, Jalan Ikan Duyung, atau di Desa Gili Indah. Usai meletakkan barang-barang di penginapan, lanjutkan traveling dengan menggunakan sepeda agar hemat biaya. Selain itu, Anda juga bisa snorkeling, diving, dan menikmati sunset di tepi pantai.

Demikian ulasan lima tips mengeksplorasi Lombok ala backpacker yang bisa diterapkan. Anda ingin mengagendakan liburan ke sana di akhir pekan ini? Buruan, booking tiket pesawat promo Garuda sebelum kehabisan.

Tags