Rabu, 26 September 2018 22:50 WITA

Ke Yogya, Jangan Lupa Mampir ke 6 Warung Gudeg Paling Istimewa Ini

Editor: Aswad Syam
Ke Yogya, Jangan Lupa Mampir ke 6 Warung Gudeg Paling Istimewa Ini
Salah satu warung gudeg di Yogyakarta. Sumber: kotajogja

RAKYATKU.COM - Tak lengkap rasanya berkunjung ke Yogyakarta tanpa mencicipi makanan paling khas di sini, gudeg. Ya, Kota Keraton ini memang amat tersohor dengan gudegnya, dengan rasa manis dan gurih yang begitu ngangenin. Ditambah dengan suwiran ayam atau irisan telur dan sepiring nasi hangat lengkap dengan teh panas, hmm, pasti lezat sekali rasanya. Nah, kalau kamu berencana mampir ke Jogja, pastikan kamu mencoba gudeg di tempat-tempat berikut:

1.    Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan
 
Percayakah kamu, kalau sang penjual gudeg yang berlokasi di Jalan Sosrowijayan ini sudah berusia hampir 100 tahun? Mbah Lindu, sang penjaja, ternyata telah mulai berdagang gudeg sejak masih remaja. Racikan gudegnya begitu nikmat, porsinya sangat pas dengan harga yang begitu terjangkau. Menyantapnya pun dengan daun pisang, bukan piring, membuat kamu seperti sedang bersantap ala masyarakat zaman dahulu. 

2.    Gudeg Pawon
 
Memang benar, kamu akan menemukan banyak penjaja gudeg di Yogyakarta. Namun, setiap warung kuliner ini selalu hadir dengan keunikan dan cita rasa yang berbeda. Sebut saja Gudeg Pawon yang berlokasi di Jalan Janturan, Umbulharjo ini yang telah ada sejak tahun 1958 silam. Uniknya, kamu harus rela antre dan berdesakan di pawon (dapur) sang penjual di penghujung malam. Jangan sampai ketinggalan, karena Gudeg Pawon hanya buka selama tiga jam!

3.    Gudeg Bu Tjitro
 
“Lain ladang, lain belalang.” Ya, peribahasa ini memang tepat untuk menggambarkan keunikan masing-masing warung gudeg yang ada di Yogyakarta. Seperti Gudeg Bu Tjitro, yang menawarkan dua cara dalam menikmati kelezatan kuliner ini. Pertama, kamu bisa langsung menyantapnya di tempat selagi hangat. Selain itu, Bu Tjitro juga menawarkan gudeg dalam kaleng yang pastinya lebih tahan lama. Pasti unik ya, menyantap gudeg dalam kaleng? Tentu saja, makanya, segera datang ke Jalan Janti No. 330, Banguntapan, Bantul ya! 

4.    Gudeg Bu Ngatinah
 
Nah, jika hampir semua gudeg disajikan dengan paduan rasa manis dan gurih yang begitu menggigit, kamu perlu coba gudeg milih Bu Ngatinah atau yang lebih akrab disapa Bu Tinah ini. Pasalnya, gudeg Bu Tinah menawarkan rasa pedas yang begitu menggoyang lidah pada kreceknya. Kamu pun bisa menyesuaikan level pedasnya di sini. Jadi, kalau kamu penyuka gudeg pedas, Gudeg Bu Tinah adalah destinasi yang paling tepat untuk dikunjungi. 

5.    Gudeg Yu Djum
 
Sajian gudeg kering milik Yu Djum ini memang juara! Meski resepnya telah diwariskan hingga empat generasi, tetapi cita rasa dan kelezatannya tidak pernah berubah. Selain menyantap sepiring gudeg kering yang melegenda, kamu juga bisa berkunjung ke dapur sang pemilik untuk menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan gudeg enak ini. Kalau penasaran, segera mampir ke Gudeg Yu Djum yang ada di Jalan Wijilan No. 31 Panembahan, Yogyakarta. 

6.    Gudeg Sagan
 
Terakhir, ada Gudeg Sagan yang berlokasi di Jalan Profesor Dr. Herman Yohanes No.53, Caturtunggal, Depok, Yogyakarta. Keunikah gudeg satu ini ada pada rasa pedas yang berasal dari racikan bumbunya dan tidak adanya krecek untuk menambah kelezatannya. Sebagai gantinya, sebutir telur bebek dan ayam bumbu kuning akan menyempurnakan pengalaman kamu kala menyantap gudeg di Kota keraton ini.
Nah, itu tadi enam warung gudeg paling legendaris di Jogja. Sekarang, berkunjung ke Jogja sudah lebih mudah, kok. Kamu bisa mendapatkan harga promo tiket pesawat melalui layanan Airy. Cara memesannya pun lebih mudah melalui website Airy atau aplikasinya yang bisa kamu unduh di ponsel. Setiap hari, akan ada penerbangan ke Yogyakarta dari berbagai maskapai, seperti Batik Air, Citilink, hingga Garuda Indonesia. Yuk, pesan tiket pesawat ke Jogja sekarang!