Kamis, 13 September 2018 12:52 WITA

Tulis Ulasan Palsu di TripAdvisor, Pria Italia Dipenjara

Editor: Suriawati
Tulis Ulasan Palsu di TripAdvisor, Pria Italia Dipenjara
TripAdvisor (Reuters)

RAKYATKU.COM - Seorang pria di Italia dijatuhi hukuman penjara selama sembilan bulan dan didenda €8.000 (sekitar Rp13 juta) karena  menulis ulasan palsu tentang restoran dan hotel di situs perjalanan online TripAdvisor.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (12/09/2018), TripAdvisor mengatakan bahwa hukuman itu dijatuhkan pada bulan Juni oleh pengadilan di kota Lecce, Italia selatan. Tidak ada konfirmasi langsung dari pengadilan.

Pria itu, yang tidak disebutkan namanya, dianggap bersalah karena menawarkan jasa memberi ulasan bagus untuk bisnis di seluruh Italia. Dengan review positif, maka restoran atau hotel akan mendapatkan peringkat bagus di situs TripAdvisor.

"Kami melihat ini sebagai petunjuk penting untuk Internet," kata TripAdvisor. "Menulis ulasan palsu di TripAdvisor selalu melanggar hukum di banyak yurisdiksi ... Namun, ini adalah pertama kalinya kami melihat hukum ditegakkan."

Perusahaan juga mengatakan bahwa hasil penyelidikan mereka mengungkapkan ada lebih dari 1.000 upaya untuk mengirimkan ulasan palsu untuk ratusan properti yang berbeda di situs mereka. Beberapa bisnis yang ketahuan membeli ulasan palsu diberi penalti, berupa penurunan peringkat popularitas.