Selasa, 14 Agustus 2018 10:19 WITA

Chef Juna Ajar Masyarakat Suku Bajo Memasak Dari Atas Laut

Penulis: M. Qadri
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Chef Juna Ajar Masyarakat Suku Bajo Memasak Dari Atas Laut

RAKYATKU.COM, AMPANA - Rangkaian kegiatan dari Togean International Oceanic Festival (TIOF) 2018 di Pulau Papan, Kepulauan Togean yang berlangsung sejak 7-11 Agustus 2018 sangatlah berdampak pada masyarakat setempat khususnya masyarakat Suk Bajo.

Junior Rorimpandey atau biasa dikenal dengan Chef Juna yang merupakan seorang koki professional top Indonesia ikut serta untuk meriahkan TIOF 2018. Pihaknya melakukan demo masakan di dua titik berbeda di Kepulauan Togean.

Chef Juna melakukan demo masak di atas panggung terapung yang mana penonton itu menyaksikan dari atas perahu. Pihaknya mengajarkan masyarakat Suku Bajo cara memasak yang baik dan benar agar disukai oleh pengunjung yang berasal dari dalam hingga luar negeri.

“Togean sendiri sudah banyak wisatawan asing yang datang, yang mana secara keseluruhan tidur dan makan di cottage atau home stay yang ada. Namun dengan memberdayakan masyarakat pada acara TIOF 2018, kami mengajarkan cara memasak yang baik dan disukai wisatawan," kata Chef Juna.

"Saya berharap wisatawan bisa menikmati masakan warga sehingga bisa mendapatkan penghasilan dari masakannya itu sendiri,” sambung Chef Juna.

Chef Juna Ajar Masyarakat Suku Bajo Memasak Dari Atas Laut

Menurut Chef Juna, intinya adalah lebih ke pemberdayaan masyarakat agar masyarakat bisa menikmati hasil laut. Tidak sekedar mencari ikan, namun bisa menyajikan untuk pengnunjung sehingga dapat memberikan cita rasa yang internasional.

Sementara itu, adapun resep makanan yang di bagikan ke masyarakat adalah lobster bakar bumbu, kerapu goreng akar kuning, seafood sambal bawang goreng, dan ikan bakar bumbu kenari.