Senin, 06 Agustus 2018 07:00 WITA

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Air Putih dengan Air Mineral

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Wajib Tahu, Ini Perbedaan Air Putih dengan Air Mineral
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang masih menganggap air putih dan air mineral sebagai minuman yang sama. Memang, keduanya berbentuk air jernih yang layak untuk diminum setiap hari. Hanya saja, ternyata ada perbedaan yang kentara diantara keduanya. Seperti apakah perbedaan tersebut?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa air putih adalah air yang didapatkan dari sumber air seperti mata air atau sumur yang kemudian kita masak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. 

Dilansir laman Doktersehat, air putih ini harus dimasak demi membunuh berbagai kuman di dalamnya yang bisa saja menyebabkan masalah kesehatan. Di dalam air putih yang kita konsumsi terdiri dari dua atom oksigen dan satu atom oksigen.

Sementara itu, air mineral biasanya didapatkan dari produsen air minum. Di dalam air mineral ini terdapat kandungan mineral alami atau kandungan mineral buatan. Beberapa jenis mineral yang bisa dimasukkan ke dalam air minum ini adalah zat besi, seng, kalsium, hingga magnesium.

Air mineral sendiri seringkali didapatkan dari sumber mata air yang ada di pegunungan. Selain itu, air putih biasa yang diberi tambahan nutrisi mineral juga bisa disebut sebagai air mineral. Meskipun terlihat tidak memiliki nutrisi sebanyak air mineral, tetap saja air putih memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Air mineral juga memiliki masa kadaluarsa. Biasanya, hal ini disebabkan oleh adanya bakteri yang berkembang pada botol kemasan air mineral yang bisa mengontaminasi air tersebut. Bahkan, jika botol air mineral ini disimpan dengan cara yang tidak benar seperti tak segera dihabiskan meski sudah dibuka dalam waktu yang lama, maka minuman ini cenderung sudah terpapar bakteri.