Rabu, 01 Agustus 2018 19:00 WITA

Hotel Meriton Didenda Rp31,7 Miliar Karena Manipulasi Rating TripAdvisor

Editor: Suriawati
Hotel Meriton Didenda Rp31,7 Miliar Karena Manipulasi Rating TripAdvisor
Meriton

RAKYATKU.COM - Salah satu jaringan hotel terbesar di Australia didenda $2,2 juta (Rp) karena mencoba mencegah ulasan negatif di situs web TripAdvisor.

Pengadilan federal Australia mengatakan bahwa Meriton Property Services melanggar hukum konsumen dengan mencegah tamu yang memiliki pengalaman negatif untuk mendapatkan email Review Express untuk meninjau Meriton di TripAdvisor.

Pengadilan mengatakan bahwa antara November 2014 hingga Oktober 2015, pekerja hotel memberi alamat email yang tidak valid di TripAdvisor, sehingga mereka tidak akan mendapatkan email berisi keluhan.

Pengadilan mengatakan, perilaku Meriton "cenderung menyesatkan atau menipu" karena meningkatkan jumlah ulasan yang baik, dan tidak memiliki tinjauan buruk.

Dalam sebuah pernyataan, TripAdvisor mengatakan bahwa mereka baru menyadari masalah itu pada Oktober 2015 dan mengambil tindakan untuk menyelidiki.

"Kami percaya pada hak komunitas travel untuk berbagi pengalaman asli mereka - baik positif maupun negatif - dan itu sangat penting sehingga kami terus menjadi sumber berharga bagi jutaan orang yang menggunakan kami setiap minggu untuk merencanakan dan memesan perjalanan mereka," katanya.

Selain denda, Meriton juga dilarang memfilter, memilih atau membatasi alamat yang diberikannya kepada TripAdvisor selama tiga tahun dan diperintahkan untuk membuat program kepatuhan dan pelatihan untuk stafnya.

Tags