Sabtu, 21 Juli 2018 20:27 WITA

ADVERTORIAL

4 Spot Wisata Alam Tercantik di Bandung

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
4 Spot Wisata Alam Tercantik di Bandung

RAKYATKU.COM - Wisata alam di Bandung menjadi salah satu destinasi yang banyak diburu oleh wisatawan. Tidak seperti di daerah lain, potensi alam kota ini dijaga dengan baik sehingga membuat pengunjung pun merasa nyaman. Apalagi dengan gaya hidup masyarakat modern yang gemar berburu foto di tempat-tempat unik dan apik, tempat-tempat natural Kota Kembang menjadi semakin digemari.

Ada puluhan destinasi pelesiran bertemakan alam di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Namun jika waktu Anda terbatas, setidaknya beberapa tempat wisata di Bandung berikut ini jangan sampai terlewatkan.

1. Taman Hutan Raya Juanda

4 Spot Wisata Alam Tercantik di Bandung

Destinasi wisata alam pertama yang bisa Anda kunjungI adalah Taman Hutan Raya Juanda atau yang lebih kerap disingkat Tahura. Hutan ini merupakan lahan konservasi dengan luas mencapai 590 hektare dan membentang dari kawasan Dago Pakar hingga Maribaya, Lembang. 

Di sini, ada banyak objek wisata lain yang akan Anda temukan. Anda akan menemui berbagai macam curug alias air terjun seperti Curug Dago, Curug Omas, dan Curug Lalay. Tak lupa, Anda juga dapat menemukan Goa Belanda dan Goa Jepang yang terkenal menyeramkan, Tebing Keraton yang memesona, penangkaran rusa tutul yang menyenangkan, dan museum hang menyimpan sejarah heroik di masa lampau.

2. Situ Patenggang

4 Spot Wisata Alam Tercantik di Bandung

Di kawasan Bandung Selatan tepatnya Ciwidey, ada sebuah danau yang sangat cantik. Situ Patenggang (Situ berarti danau) menawarkan eksotisme daerah ketinggian yang memukau. Berada di ketinggian 1.600 mdpl, hawa sejuk sekaligus sekaligus keindahan danau ini dilengkapi dengan kehadiran perkebunan teh yang hijau.

Di samping panoramanya, danau legendaris ini juga memilik mitos yang romantis. Di tengah-tengah danau ini, Anda akan melihat sebuah batu besar yang dinamakan Batu Cinta. Konon, Batu Cinta merupakan tempat bertemunya Dewi Rengganis dan Ki Santang yang tak lain merupakan keponakan Prabu Siliwangi. Sepasang kekasih ini sempat terpisahkan oleh jarak dan waktu yang cukup lama akibat peperangan dan berusaha saling menemukan. Pada akhirnya, Batu Cinta menjadi saksi mereka kembali bersama.

3. Stone Garden Citatah

4 Spot Wisata Alam Tercantik di Bandung

Dulunya, gunung kapur ini dikenal dengan nama Pasir Pawon, tetapi tidak terlalu dikenal masyarakat luas. Baru beberapa waktu belakangan ini, kawasan wisata alam ini mulai banyak dikunjungi dan muncul di berbagai media sosial dengan nama Stone Garden. Lokasinya berada tidak jauh dari objek wisata populer Gua Pawon.

Seperti namanya, keunikan Stone Garden ada pada formasi bebatuan yang tidak beraturan. Menurut para ahli, taman batu ini merupakan peninggalan zaman purba dan menjadi bagian dari Danau Purba Bandung. Di masa Neolitikum, danau ini mulai menyusut secara bertahap. Adapun faktor utama terjadinya gejala alam tersebut ialah meletusnya Gunung Sunda yang menyebabkan erupsi besar.

4. Kawah Putih

4 Spot Wisata Alam Tercantik di Bandung

Tentu saja, tidak lengkap rasanya mengeksplorasi kekayaan wisata alam Bandung tanpa singgah ke Kawah Putih. Objek wisata ini merupakan hasil letusan Gunung Patuha. Seperti namanya, tanah pada kawah ini berwarna putih, pun dengan warna airnya yang berwarna putih kehijauan. Warna air ini akan berubah-ubah sesuai dengan kadar suhu, cuaca, dan belerang.

Boleh dibilang, tempat ini merupakan tempat yang paling sering dijadikan lokasi pengambilan gambar baik foto maupun video. Suasana sendu Kawah Putih ini pun sangat mendukung bagi Anda yang mencari keromantisan. Selain itu, banyak pula pemuda yang menjadikan wisata alam ini sebagai medan untuk aktivitas menantang seperti hiking dan berkuda.

Menarik, bukan? Jangan lupa, pastikan Anda menyiapkan kamera terbaik saat mengunjungi tempat-tempat ini. Anda tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan momen di tengah-tengah kemegahan alam, bukan?

Tak ketinggalan, pastikan Anda membuat reservasi penginapan di Airy Rooms. Puluhan hotel murah di Bandung tersedia dengan tujuh jaminan kenyamanan di setiap kamarnya. Mulai kamar yang nyaman dan bersih hingga perlengkapan mandi dan WiFi gratis, semua lengkap tersedia sehingga Anda tidak akan merasa kecewa saat berada di kamar. Waktu beristirahat Anda pun akan lebih nyaman dan tenang tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.