Jumat, 13 Juli 2018 23:35 WITA

Pemenang Grammy Award, Hadir di Tojo Una-una, Catat Tanggalnya 

Editor: Muh. Taufik
Pemenang Grammy Award, Hadir di Tojo Una-una, Catat Tanggalnya 

RAKYATKU.COM, TOJO UNAUNA - Berbagai upaya dilakukan untuk mempromosikan budaya maritim Indonesia di dunia internasional. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una. Menggandeng Lokaswara, Pemkab Tojo Una-una menggelar Togean International Oceanic Festival (TIOF) 2018 yang dihelat pada 7-11 Agustus 2018.

Acara ini merupakan event internasional pertama yang digelar di Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah. Meski begitu, event ini sudah menarik perhatian di dunia internasional. Salah satunya pemenang Grammy Award, Chris Berry.

“Chris Berry langsung membatalkan beberapa acaranya di sejumlah negara hanya ingin ikut serta meriahkan TIOF 2018 yang bertempat di Jembatan Wisata Pulau Papan, Kepulauan Togean,”ungkap Direktur Lokaswara, Franki Raden.

Selain Chris Berry, sejumlah artis ternama juga akan turut ambil bagian pada event ini, seperti Andi /Rif (bintang rock Indonesia), Chantal Dewi (DJ top Indonesia), Chef Juna yang sudah tidak asing lagi, Samuel Wattimena (perancang busana top Indonesia), Grup Samulnori Han Bapeh dari Korea, Ivan Nestorman (penyanyi balada dari Flores).

Selain itu, masyarakat yang turut serta pada event ini, juga akan dihibur Nita Artsen Latin Band, Ino Ensemble (grup world music top di Indonesia), nona ria (grup indie top dari Jakarta), Hariyanti pemenang liga dangdut dari Ampana, musik krambangan dari Poso, Sanggar Tari Kayori dari Ampana, musik gambus Suku Bajo dari Kabalutan.

“TIOF juga mengundang khusus instruktur yoga top dari Indonesia Zeenea Latifa yang akan memberikan workshop yoga di atas panggung yang dibangun di tengah-tengah laut,” kata Franki Raden.

Ia menjelaskan TIOF adalah sebuah festival dunia yang pertama kali diadakan di dunia dengan panggung pertunjukkan dan tribun penonton di tengah-tengah laut. Tujuan kegiatan tersebut untuk menjadikan Kepulauan Togean destinasi wisata laut unggulan yang ramah lingkungan serta memberdayakan kehidupan ekonomi kreatif suku bajo di Togean.

Tags