Jumat, 15 Juni 2018 11:40 WITA

Traveling Saat Ramadan? Boleh Kok! Asal...

Editor: Andi Chaerul Fadli
Traveling Saat Ramadan? Boleh Kok! Asal...

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Generasi milenial berlomba-lomba untuk menjelajah Indonesia dan dunia. Mendatangi berbagai tempat asing, tak hanya untuk liburan, tapi juga demi mendapatkan pengalaman-pengalaman baru.

Hal ini tentu saja sangat positif. Sebab, dengan melakukan traveling, manusia diharapkan akan semakin bersyukur dan mendapatkan banyak hikmah serta pelajaran dari berbagai kejadian yang dihadapinya di perjalanan.

Lalu bagaimana dengan traveling di Bulan Ramadhan?
Selama Ramadan, Anda tetap bisa menikmati kegiatan traveling ke berbagai tempat. Apalagi bagi Anda yang gemar melakukan perjalanan ke berbagai destinasi, tidak perlu khawatir jika perjalanan tersebut akan menghambat ibadah dan puasa selama Ramadan.

Dilansir dari HalalTrip, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika berpergian selama bulan Ramadan.

Membawa Persedian Makanan untuk Berbuka
Ada baiknya Anda selalu membawa menu berbuka puasa praktis di dalam ransel pada saat berpergian di bulan ramadan. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika Anda terjebak dalam situasi di mana tidak bisa menemukan makanan atau minuman ketika waktu berbuka sudah mendekat.

Cukup siapkan sebotol kecil air minum, kurma dan satu bungkus biskuit untuk membantu menunda rasa lapar sampai Anda benar-benar tiba di tempat tujuan ataupun menemukan tempat makan.

Salat
Apabila Anda berpergian dengan jarak tempuh yang sangat jauh atau tidak memungkinkan untuk menemukan tempat salat, maka Anda bisa mempersingkat dengan Jama’ dan Qashar. Anda bisa menggabungkan salat Zuhur dengan Asar atau salat Magrib dengan Isya. Serta meringkas jumlah rakaat pada salat Zuhur, Ashar dan Isya menjadi dua rakaat.

Pilih Trasnportasi yang tepat
Ketika hendak melakukan perjalanan keluar negeri yang membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama, maka sangat disarankan untuk memilih jadwal penerbangan setelah berbuka puasa atau sebelum datangnya waktu fajar. Hal ini bertujuan agar puasa Anda lancar tanpa gangguan.

Survei Lokasi
Jika berniat untuk menetap selama beberapa hari disebuah kota atau negara yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, ada baiknya untuk meninjau lokasi masjid yang lebih dekat dengan tempat Anda akan bermalam, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan melewatkan salat Tarawih berjemaah.

Membawa Al Quran
Selama perjalanan, seringkali Anda akan kehabisan ide untuk mengisi waktu kosong. Maka tidak ada salahnya membawa dan membaca alquran kecil atau memasang aplikasi alquran digital pada ponsel. Selain itu, Anda bisa mengisi waktu dengan membaca zikir sesuai dengan tuntunan.

Tags