Sabtu, 12 Mei 2018 16:15 WITA

Dante Pine, Kawasan Wisata Ekstrim di Enrekang

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Dante Pine, Kawasan Wisata Ekstrim di Enrekang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dante Pine, sebuah wisata alam yang berlokasi di Kecamatan Anggeraja, adalah salah satu tempat wisata yang yang tidak boleh terlewatkan jika Anda berkunjung ke Kabupaten Enrekang. Karena pesona alam yang ditawarkan Dante Pine pastinya akan membuat Anda Jatuh Hati.

Dante Pine berasal dari kombinasi antara bahasa daerah dan bahasa Inggris. Dante berasal dari bahasa Enrekang yang artinya halaman depan rumah dan Pine berasal dari bahasa Inggris artinya pohon pinus. Nama ini dipilih, karena kawasan wisata ini memang terdapat banyak pohon pinus.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Hanya Rp5.000 per orang. Memasuki Dante Pine, Anda akan disambut dengan suara kumbang dan semilir angin sepoi-sepoi pun seperti menjadi kombinasi musik alam yang mampu menghibur. Pemandangan pegunungan dan lembah hijau akan memanjakan mata Anda.

Pengunjung Dante Pine dapat mengabadikan momen-momen seru, karena telah disediakan spot-spot foto unik. Tempat untuk mengabadikan momen ini cukup ekstrim, dan menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan. Pasalnya, Anda harus berada di tepi jurang. Tetapi tak perlu khawatir, karena keamanannya telah terjaga. 

Dante Pine, Kawasan Wisata Ekstrim di EnrekangTidak hanya itu, Dante Pine juga menyediakan wahana yang cukup ekstrim, Zip Bike, yakni berupa sepeda yang menggunakan tali yang diikat di pohon, dan berada di ketinggian 10 meter dari tanah. Untuk merasakan wahana ini, Anda hanya perlu membayar Rp20.000 saja.

"Untuk ke Dante Pine dari Makassar memakan waktu tempuh sekira 6 jam. Namun, jauhnya perjalanan akan terbayar dengan kesejukan dan kenyamanan dari tempat wisata ini. Jadi cocok untuk kita yang kerja di kota, yang biasa menghadapi kebisingan dan polusi," ujar salah satu wisatawan Dante Pine, Suwarny Dammar.

Dante Pine, Kawasan Wisata Ekstrim di EnrekangSementara itu, Pengelola Dante Pine, Hardiono mengatakan, untuk menjamin kenyamanan dan membuat pengunjung betah berlama-lama, Dante Pine menyediakan beragam fasilitas mulai dari toilet, mushollah, camp bagi yang ingin menginap lengkap dengan listrik dan colokan. 

"Untuk penyewaan tenda dikenakan tarif senilai Rp50.000 saja kapasitas dua orang, paket matras dan sb senilai Rp75.000 dan jika membawa fasilitas sendiri hanya dikenakan tarif senilai Rp30.000 saja," ujarnya.

Dante Pine, Kawasan Wisata Ekstrim di EnrekangDante Pine juga menyediakan kedai bagi penikmat kopi khas Enrekang, yakni kopi arabika kalosi Enrekang yang dapat diteguk sambil menikmati pemandangan alam lepas tepat di hadapan kedai tersebut.

"Antusias para pengunjung bagus dan selalu ramai ketika weekend apalagi kalau libur hari raya biasanya pengunjung bisa mencapai sekitar 2.000 orang. Kita mulai buka pukul 10.00 wita dan tutup ketika gelap yakni sekitar pukul 18.00 wita," katanya.