Sabtu, 12 Mei 2018 09:06 WITA

7 Kuliner Ini Wajib Anda Cicipi Saat Singgah di Kota Medan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
7 Kuliner Ini Wajib Anda Cicipi Saat Singgah di Kota Medan

RAKYATKU.COM - Kota Medan adalah satu magnet pariwisata di provinsi Sumatera Utara yang tak pernah sepi pengunjung. Kota berjuluk Melayu Deli ini memiliki segudang daya tarik yang sulit ditemui di daerah lain, mulai dari ragam destinasi wisata budaya yang menarik, pertunjukan-pertunjukan adat, hingga keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Salah satu daya tarik Kota Medan yang paling seru untuk dicoba adalah ragam kekayaan wisata kulinernya yang memiliki cita rasa unik dan berbeda dibandingkan dengan kuliner dari daerah-daerah lain di Indonesia. Pengaruh budaya batak dalam berbagai jenis kuliner andalan kota ini membuat masakan yang disajikan kaya akan rasa rempah-rempah dan memiliki perpaduan bumbu yang “berani”.

Apabila Anda singgah di Kota Medan, ada beberapa jenis kuliner asli khas Medan yang wajib dicicipi. Kuliner-kuliner ini merupakan simbol kekayaan budaya masyarakat Medan yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Oleh karena itu tidak berlebihan rasanya jika kegiatan berburu kuliner-kuliner ini perlu dimasukkan ke dalam daftar prioritas kunjungan Anda. 

Berikut adalah 7 jenis kuliner khas Medan yang harus Anda coba:

1. Arsik Ikan Mas (Naniarsik)
Masakan pertama yang wajib Anda coba saat datang ke kota Medan adalah arsik ikan mas. Masakan ini pada dasarnya adalah ikan mas yang dimasak dengan bumbu kuning. Keunikan dari masakan ini adalah cara penyajian ikannya yang masih bersisik. Membiarkan sisik ikan tetap menempel pada kulit ikan berasal dari kebiasaan suku Batak di kawasan Tapanuli. 

7 Kuliner Ini Wajib Anda Cicipi Saat Singgah di Kota MedanBumbu kuning yang digunakan pada ikan mas bukanlah bumbu biasa. Terdapat campuran rempah-rempah khas daerah pegunungan seperti kecombrang dan asam cikala. Selain rempah-rempah tersebut, ada juga campuran rempah-rempah yang umum digunakan seperti daun serai dan bawang merah.

Cara membuat arsik adalah dengan memasak ikan mas merah bersama campuran bumbu-bumbu hingga kuahnya mengering dan bumbu meresap jauh ke dalam daging ikan. Kelezatan masakan ini tak hanya terkenal di antero Sumatera saja, tapi juga telah merambah pasar mancanegara.

Jika ingin mencoba kenikmatan bumbu arsik, Anda dapat mampir ke Rumah Makan Sipirok yang terletak di Jalan Sunggal nomor 14, Medan. Selain menggunakan ikan mas, bumbu arsik juga dapat diaplikasikan pada jenis protein lain seperti daging sapi atau ayam.

2. Bika Ambon
Siapa sih yang tidak kenal dengan bika ambon? Makanan yang satu ini mungkin adalah kuliner khas Kota Medan yang paling dikenal di seluruh nusantara. Meski terdapat nama “ambon”, asal muasal makanan ini sama sekali tidak memiliki hubungan dengan Kota Ambon di Maluku lho. 

7 Kuliner Ini Wajib Anda Cicipi Saat Singgah di Kota Medan

Penganan yang dapat Anda jumpai di  berbagai toko kue di Medan ini dibuat dari campuran berbagai bahan kue seperti tepung sagu, kuning telur, gula pasir, dan ragi roti. Selain bahan-bahan dasar tersebut, ada pula bahan-bahan khusus yang membentuk cita rasa asli bika ambon seperti daun pandan, santan, daun jeruk, dan serai. Seiring perkembangannya, kini bika ambon dijual dengan beragam varian rasa yang unik mulai dari rasa durian, cokelat, hingga keju. 

Salah satu toko di Medan yang menjual bika ambon enak adalah toko Acai yang terletak di Jalan Mojopahit no 24 A Kota Medan. Alternatif lainnya adalah toko Sumatera yang ada di Jalan Mojopahit no 28 D-E, Medan.

3. Lontong Medan (Lontong Kak Lin Jl. Teuku Cik Ditiro no 76, Medan)
Selain bika ambon, lontong medan juga merupakan salah satu kuliner khas tanah melayu deli yang dapat Anda temukan di berbagai kota di seluruh Indonesia. Lontong medan disukai karena rasanya yang lezat dan mudah dipadu padankan dengan berbagai jenis masakan khas Sumatera Utara seperti mie gomak atau saksang.

Salah satu kedai lontong medan yang wajib Anda sambangi adalah Warung Lontong Kak Lin yang terletak di Jalan Teuku Cik Ditiro no 76 Kota Medan. Warung lontong yang buka sejak pagi ini adalah salah satu kuliner favorit yang telah beroperasi sejak tahun 1994.

7 Kuliner Ini Wajib Anda Cicipi Saat Singgah di Kota Medan

Popularitas warung lontong ini berasal dari cita rasa sajian lontong pecalnya yang memiliki perpaduan rasa gurih dan pedas. Tak hanya pecal, warung ini juga menyajikan beragam masakan khas Medan lainnya seperti lontong sayur dan nasi gurih yang memiliki rasa dan tampilan mirip dengan nasi uduk Jakarta.

4. Rujak Aceh 
Sekalipun dinamakan rujak aceh, kuliner yang satu ini adalah salah satu jenis sajian yang sangat populer di Kota Medan. Saking populernya, banyak pelancong yang menjadikan kuliner yang satu ini sebagai oleh-oleh. 

7 Kuliner Ini Wajib Anda Cicipi Saat Singgah di Kota Medan

Laiknya rujak-rujak pada umumnya, rujak aceh juga menggunakan buah-buahan seperti bengkuang, nenas, pepaya muda, dan timun yang sudah diasinkan. Keistimewaan kuliner ini terletak pada bumbu rujaknya yang terbuat dari campuran kuini dan cabai. Sensasi pedas yang enak dan tidak berlebihan membuat kuliner ini sangat cocok dinikmati dalam porsi besar.

Rujak aceh yang recommended adalah rujak aceh Ny. Lily Fong  yang juga sering disebut sebagai rujak aceh LLF. Lokasinya terletak di Komplek Cemara Hijau blok N no 19. Anda juga dapat menemukan rujak ini di banyak toko kue di antero Kota Meda, misalnya Toko Kue Ahua di daerah Pasar Beruang.

5. Saksang 
Saksang adalah masakan favorit masyarakat suku Batak yang beragam kristen. Sajian ini terbuat dari daging babi cincang yang dimasak dengan rempah dan darah dari babi yang dimasak. Meski terdengar ganjil, nyatanya masakan ini selalu menjadi sajian yang wajib dihidangkan di berbagai jenis perayaan dan upacara adat.

7 Kuliner Ini Wajib Anda Cicipi Saat Singgah di Kota Medan

Rempah-rempah yang digunakan dalam masakan saksang adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, serai, lengkuas, jahe, daun salam, ketumbar, kunyit, dan andaliman. Banyaknya rempah-rempah dalam masakan ini digunakan untuk meredam aroma anyir dari darah sekaligus memberikan rasa yang kuat.

Kuliner saksang dapat Anda temukan di banyak tempat di Medan, misalnya di Dainang Restaurant yang terletak di Jalan Sei Batanghari, atau Dapur Batak Roma yang berada di Pabrik Tenun no 54 Kota Medan.

6. Sambal Tuk-Tuk
Sambal yang berasal dari daerah Tapanuli ini adalah salah satu hidangan pelengkap yang harus Anda cicipi saat berwisata kuliner di Kota Medan. Bagi Anda para pecinta pedas, Anda akan menemukan sensasi yang berbeda saat mencoba jenis sambal yang satu ini.

7 Kuliner Ini Wajib Anda Cicipi Saat Singgah di Kota Medan
Bahan dasar sambal tuk-tuk sebenarnya hampir sama dengan jenis sambal lainnya, perbedaannya terletak pada penggunaan andaliman dan ikan aso-aso dalam campuran bumbunya, jika tidak ada ikan aso-aso biasanya masyarakat mengganti ikan tersebut dengan ikan teri air tawar. Supaya lebih nikmat, jangan lupa tambahkan perasan air jeruk nipis pada sambal tuk-tuk yang hendak Anda santap.

Sambal ini dapat Anda temukan hampir di semua restoran dan rumah makan khas batak yang ada di Kota Medan. Biasanya hidangan ini disajikan bersama dengan masakan yang digoreng seperti ayam goreng atau ikan asin.

7. Sayur Daun Ubi Tumbuk
Sama seperti sambal tuk-tuk, daun ubi tumbuk adalah hidangan pelengkap di hampir semua sajian kuliner khas Sumatera Utara. Meski disebut “daun ubi”, pada dasarnya hidangan ini adalah sayur daun singkong yang dimasak menggunakan santan dengan tambahan bunga kecombrang dan teri medan. Karena menggunakan santan, masakan ini memiliki cita rasa khas yang gurih dan menggugah selera. 

7 Kuliner Ini Wajib Anda Cicipi Saat Singgah di Kota Medan

Itulah 7 kuliner khas Kota Medan yang wajib Anda cicipi saat singgah di kota ini. Dari deretan kuliner di atas, dapat dilihat bahwa kekayaan kuliner tanah melayu deli memiliki perpaduan akulturasi budaya batak dan melayu. Perpaduan ini mampu menghasilkan cita rasa yang unik dan tidak akan bisa Anda temukan di daerah lainnya di Indonesia. Jadi bagi Anda yang memiliki hasrat untuk mencoba sensasi wisata kuliner khas nusantara yang berbeda, Kota Medan adalah salah satu destinasi yang tidak boleh Anda lewatkan.

Trik Mudah Menemukan Lokasi Kuliner Terbaik di Kota Medan 

Terkadang sebagai wisatawan Anda mengalami kesulitan dalam mencari tempat makan terbaik di kota yang baru Anda kunjungi. Bahkan setelah dicari melalui situs pencarian Google pun, Anda masih saja bisa kesulitan menemukan pilihan tempat makan yang hendak Anda datangi untuk merasakan cita rasa asli kuliner khas Kota Medan.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa trik yang dapat Anda jadikan referensi:

Baca Blog-Blog Traveling 
Zaman sekarang ada banyak blog khusus traveling yang membahas soal kekayaan kuliner suatu destinasi. Membaca blog-blog ini dapat menjadi salah satu cara untuk mencari ragam wisata kuliner recommended di Medan. Blog traveling biasanya menyajikan informasi lokasi yang akurat karena sang penulis pernah berkunjung langsung ke tempat tersebut. Selain itu, blogger juga biasanya memberikan ulasan secara detail sekaligus menyertakan tips.

Gunakan Informasi dari Aplikasi Terpercaya
Saat ini ada banyak aplikasi traveling yang menyertakan informasi mengenai lokasi kuliner di kota tujuan. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah Traveloka Eats yang merupakan sub-katagori terbaru dari penyedia layanan pemesanan hotel dan tiket pesawat Traveloka.

Traveloka Eats mampu memberikan informasi yang detail dan akurat tentang tempat-tempat kuliner di berbagai kota di Indonesia termasuk Kota Medan. Tak hanya menyediakan informasi, melalui layanan ini Anda juga dapat melihat rating restoran beserta ulasannya secara lengkap. Hal ini diharapkan mampu membantu Anda untuk menemukan tempat makan terbaik saat bepergian.

Keuntungan lain dari layanan ini adalah banyaknya promo dan penawaran khusus berupa voucher yang dapat Anda gunakan untuk makan di restoran-restoran terpilih di seluruh nusantara.

Tanya Penduduk Lokal
Bertanya pada penduduk lokal daerah yang Anda kunjungi adalah cara cepat untuk menemukan tempat makan yang enak. Warga lokal tentu lebih mengerti tempat-tempat apa saja yang biasanya menjadi favorit pelancong. Selain bisa memberikan informasi yang akurat, cara ini juga dapat membuat Anda bersosialisasi dengan penduduk di daerah yang Anda kunjungi.

Itulah beberapa tips untuk petualangan kuliner seru selama di Kota Medan. Selamat memanjakan lidah!